Taddabur alam

 Acara Tadabbur Alam Penuh hikmah


 




Kegiatan Tadabur alam diadakan di lapangan Masjid Al Ikhlas pada hari Sabtu hinga minggu 7-8 Januari 2017. Peserta yang mengikuti kegiatan tadabur alam dari berbagai umur dari balita hingga orang tua. Kegiatan Tafakur Alam diawali dengan berkumpul semua peserta pada pagi hari di lapangan untuk mengikuti Briefing pemasangan tenda dome yang akan menjadi “Rumah” atau tempat berlindung selama kegiatan ini berlangsung oleh karena itu peserta diharapkan untuk menjaga dan merawat tenda tersebut layaknya rumah sendiri.




Setelah Tenda berdiri dan sudah rapih, saat makan siang namun ada yang berbeda dari biasanya. Peserta diwajibkan memasak makannya sendiri bermodalkan kompor portable, nasting dan gas hi cook serta bahan makanan (Beras, Mie dan telur), apapun hasil makanannya seperti nasi itu jadi enak, gosong, keras harus tetap dimakan, dari situ diajarkan agar peserta menghargai makan dan mensyukuri apa yang telah di berikan Allah SWT seperti pada ayat ini “Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun”. (QS. 34:15) .



Outbound adalah kegiatan selanjutnya game game yang buat oleh panitia agar perserta saling mengenal satu dan lainya serta belajar untuk kerja sama agar mencapai suatu tujuan, Seperti menangkap ikan di sungai, bermain kucing dan anjing, memindahkan air ketempat lain dan tidak boleh tumpah secara bersama sama dan lain lain.




Sampailah ke inti dari kegaitan ini adalah muhasabah bersama api unggun ditengah lapangan dibawah bintang bintang malam dan juga terangnya bulan, Muhasabah ialah renungan tema dari muhasabah malam itu ialah Orang tua. Perjuangan Orang tua serta kasih sayang orang tua untuk anaknya. Diharapkan dari setelah dari muhasabah tersebut peserta semakin sayang terhadap orang tuanya saling memaafkan jika ada kesalahan dan menghargai perjuangan orang tua untuk membesarkannya.



Pada pagi hari dilanjutkan oleh kegaitan Cross Country dimana peserta diajak berkeliling untuk berolahraga pagi bersama sama selain berolahraga cross country memiliki tujuan lain yaitu mensyukuri ciptaan Allah yang dapat kami nikmati sampai saat ini ditemani oleh sejuknya udara pagi

 Selesai sudah rangkaian kegiatan tadabur alam yang dilakukan oleh DKM Masjid Al Iklhas semoga dapat berkesan dan menambah ilmu dan iman peserta untuk kedepannya. (Bram, Beno, Bondan)
               
Jika ingin mengadakan Acara seperti diatas atau sekedar Camping bersama teman keluarga dan lainya, dapat hubungi:
Pak Agus              : 087770176846
susy                       :  081314726016
BnB-Adventure.blogspot.co.id



Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar